Kunci Jawaban UAS Pengantar Teknologi Informasi – Semester 1

1. Tujuh Komponen Pada Sistem Operasi Modern

a. Manajemen Proses

Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang dieksekusi. Untuk melakukan   manajemen proses dibutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O.

b. Managemen Memori Utama

Memori adalah sebuah array yang besar dari word dan byte, yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan bahkan jutaan. Memori berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang akses datanya digunakan oleh CPU/perangkat I/O.

c. Managemen Memori Sekunder

Data yang disimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil. Secondary storage bersifat permanen,
untuk menyimpan keseluruhan data dan program komputer dan mampu menampung banyak data, contohnya : harddisk, disket dan USB.

d. Managemen Sistem I/O

Disebut juga device manager, yang menyediakan device driver yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis dan menutup).

e. Managemen Berkas/File

Berkas adalah kumpulan informasi yang berhubungan sesuai dengan tujuan pembuat berkas tersebut. Berkas dapat mempunyai struktur yang bersifat hirarkis(direktori,volume dan lain-lain).

f. Sistem Proteksi

Proteksi adalah beberapa mekanisme untuk mengendalikan akses program, proses atau pengguna pada sumber daya yang ditugaskan oleh sistem komputer. Diperlukan ketika sistem komputer mempunyai berbagai pengguna dan mengijinkan eksekusi bersamaan dan berbagai proses.

g. Jaringan

Sistem terdistribusi mengumpulkan prosesor yang tidak berbagi memori perangkat periferal atau clock. Prosesor dalam sistem dihubungkan melalui jaringan komunikasi yang dapat dikonfigurasi dalam sejumlah cara yang berbeda. Perancangan jaringan komunikasi harus mempertimbangkan message routing dan connection strategies dan masalah keamanan.

2. Macam-Macam Sistem Operasi Komputer Dan Mobile

a. Sistem Operasi Komputer 

  • Windows
  • Mac OS (Machintosh)
  • Linux
  • FreeBSD
  • HAIKU atau BeOS
  • Solaris
  • AmigaOS
  • Os/2
  • Unix
  • IBM-AIX
  • Novell Netware
  • MS-DOS

a. Sistem Operasi Mobile

  • Android
  • iOS
  • Windows Phone dan Windows Mobile
  • Blackberry
  • Firefox OS
  • Ubuntu Mobile
  • Symbian
  • Palm OS
  • MeeGo
  • Bada
  • Tizen
  • Jolla
  • WebOS
  • MXI
  • Maemo

3. Perbedaan Compiler Dan Interpreter

 

  1. Jika hendak menjalankan program hasil kompilasi dapat dilakukan tanpa butuh kode sumber. Kalau interpreter butuh kode sumber.
  2. Jika dengan kompiler, maka pembuatan kode yang bisa dijalankan mesin dilakukan dalam 2 tahap terpisah, yaitu parsing ( pembuatan kode objek ) dan linking ( penggabungan kode objek dengan library ) . Kalau interpreter tidak ada proses terpisah.
  3. JIka compiler membutuhkan linker untuk menggabungkan kode objek dengan berbagai macam library demi menghasilkan suatu kode yang bisa dijalankan oleh mesin. Kalau interpreter tidak butuh linker untuk menggabungkan kode objek dengan berbagai macam library.
  4. Interpreter cocok untuk membuat / menguji coba modul ( sub-routine / program-program kecil ). Maka compiler agak repot karena untuk mengubah suatu modul / kode objek kecil, maka harus dilakukan proses linking / penggabungan kembali semua objek dengan library yang diperlukan.
  5. Pada kompiler bisa dilakukan optimisasi / peningkatan kualitas kode yang bisa dijalankan. Ada yang dioptimasi supaya lebih cepat, ada yang supaya lebih kecil, ada yang dioptimasi untuk sistem dengan banyak processor. Kalau interpreter susah atau bahkan tidak bisa dioptimasikan.

4. Tiga Komponen CPU Berikut Fungsinya

  1. Casing => Berfungsi untuk menutupi dan melindungi komponen-komponen lain dari kotoran debu selain itu juga berfungsi sebagai tempat dudukan komponen lain seperti motherboard,CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive dan lain-lain.
  2. RAM => Berfungsi Menyimpan Data Sementara Selama Komputer Dalam Keadaan Hidup.
  3. Motherboard => Berfungsi untuk untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

5. Macam-Macam Memori Eksternal

  • Multiple Disk
  • ZIP Drive
  • Harddisk
  • CD ROM
  • DVD
  • Disket
  • Flashdisk
  • Blue-Ray
  • Harddisk Eksternal

6. Macam-Macam Perangkat Input Dan Output

Perangkat Input

  • keyboard
  • mouse
  • scanner
  • joystick
  • touchpad
  • trackball
  • light pen/touch pen
  • web cam
  • microphone
  • graphic pads
  • CD rom atau DVD rom
  • flashdisk
  • CD (Compact Disk)

Perangkat Output

  • monitor
  • projector
  • printer
  • plotter
  • speaker
  • VGA (Video Graphic Adapter)
  • Network Card
  • Headset (Headphones)

7. Pengertian Memory Addres Register (MAR)

MAR adalah register yang mencatat alamat memori yang akan diakses (baik yang akan ditulisi maupun yang akan dibaca). MAR (Memory Address Register) atau register penunjuk alamat memori merupakan register yang menampung alamat data atau instruksi pada main memory yang akan diakses, baik itu yang akan diambil (dibaca) maupun yang akan diletakkan (disimpan/ditulis). Register ini berisi alamat dari data dan dihubungkan pada bus alamat, sehingga dapat menspesifikasikan alamat di dalam memori untuk operasi baca atau simpan/tulis. Alamat dari main memory (tempat data berada), diletakan di MAR dan dikirimkan ke main memory melalui address bus. Selama komputer bekerja, alamat dalam pencacah program ditahan (latched) pada MAR. Setelah itu MAR akan mengirimkan alamat ke dalam RAM dan operasi membaca dilaksanakan.

8. Siklus Pemrosesan Instruksi

Siklus Intruksi Dalam Sebuah Computer

Siklus Intruksi Dalam Sebuah Computer

Fungsi dasar yang dibentuk komputer adalah eksekusi program. Program yang akan dieksekusi berisi sejumlah instruksi yang tersimpan di dalam memori. CPU melakukan tugas ini dengan cara mengeksekusi suatu program. Siklus intruksi merupakan rangkaian tahapan operasi, yaitu operasi pengambilan (fetch), indirect, eksekusi dan pengolahan interupsi bila ada. Siklus instruksi dimulai dengan pengambilan instruksi di memori utama oleh prosesor. Program counter (PC menyimpan alamat instruksi yang akan diambil tersebut. Pada kebanyakan komputer, setelah instruksi tersebut diambil, nilai PC akan berubah ke instruksi berikutnya yang akan diambil (biasanya bertambah naik).

 

 

9. Pengertian Komunikasi Data

Siklus instruksi dimulai dengan pengambilan instruksi di memori utama oleh prosesor (gambar berikut). Program counter (PC menyimpan alamat instruksi yang akan diambil tersebut. Pada kebanyakan komputer, setelah instruksi tersebut diambil, nilai PC akan berubah ke instruksi berikutnya yang akan diambil (biasanya bertambah naik). Siklus instruksi dimulai dengan pengambilan instruksi di memori utama oleh prosesor (gambar berikut). Program counter (PC menyimpan alamat instruksi yang akan diambil tersebut. Pada kebanyakan komputer, setelah instruksi tersebut diambil, nilai PC akan berubah ke instruksi berikutnya yang akan diambil (biasanya bertambah naik).

10. Pengertian Sinyal Analog Dan Digital Serta Perbedaannya

Pengertian Sinyal Analog Dan Digital

Sinyal analog atau isyarat analog adalah sebuah sinyal data yang berbentuk gelombang yang begitu kontinyu, yang akan membawa suatu informasi dengan merubah karakteristik dari gelombang. Dua parameter atau karakteristik yang terpenting dan dimiliki oleh isyarat analog yaitu amplitude dan juga frekuensi. Isyarat analog pada biasanya telah dinyatakan dalam gelombang sinus, mengingat gelombang sinus itu merupakan sebuah dasar yang berguna bagi semua bentuk isyarat analog.

Sedangkan sinyal digital adalah sebuah sinyal digital yang merupakan sebuah sinyal data yang terdapat dalam bentuk pulsa dan dapat mengalami sebuah perubahan yang secara tiba tiba dan memiliki besaran antara 0 sampai 1. Teknologi dari sinyal digital tersebut hanya mempunyai dua buah keadaan, yaitu keadaan 0 dan juga keadaan 1, sehingga hal ini tidak akan mudah untuk terpengaruh oleh adanya derau atau noise, akan tetapi transmisi pada sinyal digital hanya dapat mencapai jarak jangkau pada pengiriman data yang dekat saja. Sinyal Digital itu biasa disebut dengan istilah sinyal diskret.

Perbedaan Sinyal Analog Dan Digital

Sinyal analog memiliki bentuk yang menyerupai sebuah gelombang, sedangkan sinyal digital itu sendiri memiliki bentuk berupa pulsa dan bentuk dari sinyal digital itu sendiri dapat mengalami perubahan secara tiba tiba.

11. Topologi Jaringan

Pengertian Topologi Ring

Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address-nya.

Kelebihan Topologi Ring

  • Memiliki performa yang lebih baik daripada topologi bus.
  • Mudah diimplementasikan.
  • Konfigurasi ulang dan instalasi perangkat baru bisa dibilang cukup mudah.
  • Biaya instalasi cukup murah

Kekurangan Topologi Ring

  • Kinerja komunikasi dalam topologi ini dinilai dari jumlah/ banyaknya titik atau node.
  • Troubleshooting bisa dibilang cukup rumit.
  • Jika salah satu koneksi putus, maka koneksi yang lain juga ikut putus.
  • Pada topologi ini biasnaya terjadi collision (tabrakan data).
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s