Teknologi Informasi Berupa Output

Pengertian Output

Teknologi Informasi output adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk menampilkan atau menyampaikan beberapa informasi kepada pengguna yang menggunakan perangkat tersebut. Dengan adanya fungsi Output, suatu perangkat akan sangat bermanfaat, karna sipengguna perangkat tersebut akan mengetahui hasil dari inputan yang mereka lakukan. Bisa dibilang Output adalah sistem yang sangat penting. Berikut ini adalah gambaran output.

Teknologi Informasi Output

Dapat dilihat gambar diatas, bahwa untuk menampilkan hasil output harus malalui beberapa tahap proses yaitu, input dan proses.

Contoh Fungsi Output

Tepatnya pada PC (Personal Computer), PC (Personal Computer) punya beberapa fungsi yang sama dengan alur output yaitu Input -> Proses -> Output. Ada beberapa Part PC (Personal Computer) yang mempunyai fungsi output, sebagai berikut :

  1. Monitor
  2. Printer
  3. Infocus
  4. Speaker

Output dibagi menjadi 3 stuktur :

  1. Softcopy
  2. Hardcopy
  3. Drive Device

Berikut ini ada penjelasan dari struktur output tersebut diatas.

1. Softcopy Device

Softcopy device adalah alat yang dipergunakan untuk menampilkan tulisan (kata, angka, karakter khusus, dan simbol-simbol) serta gambar dan grafik pada media lunak (soft media) yang berupa sinyal elektronik. Berikut ini adalah contoh dan fungsi softcopy device.

Video Display (Monitor)

Video Display (Monitor)

Berfungsi untuk menampilkan segala jenis kegiatan baik data maupun informasi yang diproses oleh komputer baik itu data yang masuk maupun keluar dari komputer.

Speaker

Speaker

Speaker digunakan untuk mengubah sinyal suara menjadi suara yang bisa ditangkap oleh telinga manusia.

Projector

Projector

Berfungsi menampilkan data-data dari CPU, ukuran keluaran projector jauh lebih besar dari monitor.

2. Hardcopy Device

Hardcopy Device Adalah alat yang digunakan untuk mencetak tulisan, grafik dan gambar pada media pencetak. Alat hardcopy yang umum dipergunakan adalah Printer. Berikut ini adalah contoh hardcopy device.

Printer

Printer

Sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

Mikrofilm

Mikrofilm

Teknik pengurangan sebuah gambar menjadi lebih kecil di mana gambar tersebut tidak dapat dibaca tanpa alat bantu.

Plotter

Plotter

Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.

3. Drive Device

Komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Kedua komponen dasar yang berbeda secara bentuk tersebut tidak bisa berdiri sendiri. Komputer tanpa perangkat keras maka tidak akan ada perangkat yang bernama komputer, begitupun apabila ketika pada sebuah komputer tidak terdapat perangkat lunak maka komputer tersebut tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Adapun pengertian dari Drive Device adalah sebuah alat penggerak yang berfungsi untuk melakukan proses input dan output pengolahan data. Adapun fungsi dari drive device adalah :

  1. Sebagai alat input jika sedang berfungsi untuk membaca data dari penyimpanan sekunder guna dilakukan suatu proses.
  2. Sebagai alat output jika sedang merekam data atau hasil pengolahan ke penyimpanan sekunder.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s