Persiapan Sebelum Melamar Pekerjaan

Lowongan pekerjaan yang layak, sesuai dengan cita-cita saat telah lulus sekolah saat ini banyak diburu oleh banyak orang. Keberadaan pekerjaan jadi salah satu hal yang penting untuk mendapatkan status sosial yang jelas dan diakui oleh masyarakat. Adanya sekolah kejuruan yang menjadikan sebuah harapan baru bagi calon pekerja nanti yang akan bekerja sesuai dengan bidangnya tanpa dibimbing. Banyak perusahaan yang akan merekrut tenaga kerja baru sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Jika terdapat lowongan kerja dan akan melamar kerja perhatikan dulu skill yang dimiliki sesuai atau tidak dengan pekerjaan tersebut. Jika merasa sudah sesuai dengan pekerjaan tersebut jangan ragu untuk melamar kerja dan sebelumnya harus melakukan persiapan sebagai berikut :

  • Pahami keahlian dan bakat dalam diri.
  • Pastikan cara melamar kerja benar.
  • Membuat surat lamaran pekerjaan.
  • Membuat riwayat hidup.
  • Potokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.

Selain hal di atas yang tidak boleh dilupakan adalah meneliti ulang berkas lamaran pekerjaan mulai dari daftar riwayat hidup hingga kelengkapan berkas lainnya. Pastikan tidak terjadi kesalahan pada berkas-berkas tersebut. Langkah selanjutnya adalah mengirim persyaratan melalui kiriman pos dan berkas dimasukkan pada amplop warna coklat yang berukuran besar. jika dikirim melalui media online harus dipastikan sudah benar input data dan alamat emailnya. Jika diterima kerja maka pihak yang memasang iklan lowongan pekerjaan akan menghubungi Anda sesuai dengan alamat yang telah dicantumkan.

Leave a comment